KarirTips & Trik

8 Tips dan Teknik Agar Lolos Wawancara Kerja

Tips dan Teknik Agar lolos wawancara kerja

Selamat datang Sahabat Kehidupan semua, di zaman modern ini mencari pekerjaan memang bukanlah hal yang mudah.

Benar, lowongan kerja memang banyak bertebaran, namun untuk bisa lolos pada tahap pengujian sangatlah sulit, jika tanpa bekal yang cukup.

Namun sekarang saya akan meringankan beban berat kamu semua, yang saat ini telah melamar kerja dan sudah berada pada tahap wawancara.

Kamu bisa mempersiapkan dirimu dengan bekal dari kami, bahkan jika hari esok adalah hari H kamu diwawancarai. Nah mari langsung saja kita simak cara agar kamu bisa langsung lolos tahap wawancara kerja.

1.Jangan pernah datang terlambat.

Ini adalah hal yang harus pertama kali kamu prioritaskan. Terlambat merupakan hal yang sangat krusial untuk diabaikan.

Jika kamu bisa untuk datang tepat waktu maka itu merupakan bekal utama sebagai kesan terbaikmu pada calon seniormu di kantor yang baru.

Tidak ada alasan kamu untuk terlambat di hari wawancara kerjamu, alasan seperti tidak tahu tempatnya atau sebagainya harus segera kamu atasi.

Kamu harus mencari tahu segala hal yang berkaitan dengan tempat kerja barumu, agar esok hari kamu bisa santai dan mempersiapkan segalanya dengan tenang sambil menunggu sang penguji datang.

2.Keluarkan penampilan terbaikmu. (keep it simple, clean and elegant.)

Setelah kamu datang tepat waktu, sekarang adalah saatmu menebarkan pesonamu, sebagai kesan pertama kesungguhan hatimu ingin bekerja.

Memakai baju yang rapi, menyemprotkan sedikit wewangian serta menyisir rambut agar tak terlihat kusut. akan menampakkan kesan clean yang bisa meningkatkan 80% penampilanmu dimata penguji.

Mengeluarkan seluruh kemampuanmu dalam berpakaian formal tidak serta merta harus membuat dirimu sendiri tampak overdressed. Kamu harus bisa membuat penampilanmu tampak baik namun lakukan senatural mungkin.

Intinya jangan tampak terlalu menor dan mencolok sehingga pihak HRD akan merasa terganggu melihat gayamu berpakaian, keep it simple, clean and elegant.

3.Jangan gugup, harus semangat dan tampakkan energimu.

Kamu harus menampakkan energimu yang berapi-api atau keinginanmu yang sangat tinggi dalam menempati posisi kosong pada pekerjaan barumu itu.

Kamu harus percaya diri dan buang semua perasaan canggungmu, berikan mereka energi positifmu namun jangan sampai terlalu agresif.

Rasa percaya dirimu harus bisa kamu seimbangkan dengan bersikap sopan dan santun, kalau tidak kamu hanya akan memberikan kesan sombong & angkuh.

4.Jabat erat tangan mereka jangan loyo.

Kita sebenarnya bisa mengenali karakteristik orang lain lewat cara bersalaman, jika kamu menyalami mereka dengan lemas tak bertenaga,

Baca Artikel Lainnya Yuk!

Maka hal itu akan memberikan kesan bahwa kamu tidak mempunyai antusiasme yang tinggi dalam melamar pekerjaan di perusahaan itu.

Jadi pada saat bersalaman jangan sampai tanganmu lemas dan tidak bertenaga, jabat erat tangan mereka dengan santai dan biasa.

5.Jangan membungkuk.

Sama seperti point nomor 3,  berjalan atau duduk sambil membungkuk hanya akan membuatmu tampak seperti pengecut yang malas.

Pihak penguji tak akan memiliki ketertarikan padamu saat kamu sudah membungkuk saat pertama kali bertemu dengannya.

Tegakkan kepalamu berikan mereka kesan professional dan positif, menegapkan badanmu bukan berarti kamu harus terlihat sombong.

6.Tatap mata mereka dengan tatapan penuh percaya diri.

Jangan pernah untuk melihat kebawah atau terlihat tak berani dalam menatap mata penguji, kamu harus menatap mata mereka dengan senyuman dan percaya diri.

Karena jika kamu tidak menatap lawan bicara kamu bisa dibilang tidak sopan, walaupun maksudmu bukan begitu.

Kadang saat kamu merasa gugup kamu malah memaksakan untuk menatap mata penguji dengan tatapan yang kosong

Jadi saran kami jika kamu merasa sangat gugup kamu bisa menatap jidat atau bibirnya, dipastikan itu dapat menghilangkan rasa gugupmu!

7.Sopan Santun dan Senyuman.

Jangan pernah melupakan 3 pilar penting agar kamu terlihat seperti calon karyawan yang bersahaja bagi pihak yang sedang mewawancaraimu.

Senyuman adalah hal yang paling penting bagimu saat menghadapi pewawancara.

Jangan lupakan untuk selalu berkata terimakasih pada penguji saat wawancaramu sudah selesai.

8.Jangan datang tanpa persiapan.

Ketika hari H mu tiba untuk segera menghadapi wawancara kerja, kamu harus segera untuk mencari tahu tentang seluk beluk calon perusahaan barumu itu.

Tentang lokasi, profilenya serta semua hal yang berhubungan dengan pekerjaan barumu yang akan kamu geluti.

Dan terakhir, jangan lupakan 8 tips yang telah saya tulis ini karena ini merupakan bekal dan persiapan awalmu untuk menghadapi pewawancara esok hari.

 

0 0 vote
Article Rating

Share Artikel Ini Yuk!
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Comment here