AnalisakpopOpini

Analisa & Bedah Lirik Lagu BTS “BLACK SWAN” Tentang Akhir Karir, BTS Ingin Berhenti?

bts black swan bts ingin berhenti berkarir

Halo sahabat kehidupan semua, Ketemu lagi denganku Amirul. Tepat pada hari ini BTS (Bangtan Sonyeondan) merilis lagu terbaru mereka Black Swan.

Lagu Black Swan ini merupakan lagu bertema psikologi,  Sepertinya ada ketakutan dari diri mereka untuk berhenti berkarya, karena liriknya lumayan dark menurut saya.

Dan sepertinya Lagu ini terinspirasi dari kutipan Martha Graham  seorang penari dan koreografer dance, yang berbunyi seperti ini.

“A dancer dies twices – once when they stop dancing and this final death is the more painful.”

Yang berarti Seorang penari mati dua kali, kematian yang pertama adalah ketika mereka berhenti menari,

Dan kematian yang terakhir adalah yang paling menyakitkan, which is maksudnya adalah kematian yang real.

Jadi apa maksudnya kematian yang pertama ini, apakah bts akan mengakhiri karirnya di dunia musik?

Merujuk pada kutipan tadi sepertinya member bts takut jika kematian pertama mereka semakin dekat (akhir karir mereka semakin dekat).

Jadi ketakutan akan akhir karir mereka ini dipersembahkan dalam sebuah lagu Black Swan, langsung saja yuk kita bedah lirik lagu black swan dari BTS.

BTS blackswan ingin berhenti berkarir

Jimin

Lagu ini diawali oleh Jimin yang melantunkan, lakukan apa yang ingin kamu lakukan denganku sekarang.

Kemudian diikuti oleh kebingungan Jimin tentang bagaimana dia bertanya apa yang harus dia lakukan, seraya meminta kita menjawabnya.

Suga

Next lagu dilanjutkan oleh Suga dengan slow rapnya, Hatiku tak lagi berdetak saat mendengar musik,

Di sini kita bisa merasakan bahwa suga tidak lagi merasa excited dengan musik yang sedang dimainkan, atau feelingnya terhadap musik sudah pada tahap jenuh.

Masih dengan Suga yang merasa bahwa waktu seperti berhenti berputar dan ini bisa jadi adalah kematiannya (kematian pertama yang merujuk pada quote tadi).

Jadi pada bait ini, berisi ketakutan Suga akan berakhirnya karir BTS di dunia musik.

RM

Lanjut dengan RM, sama halnya dengan Suga, bait Lirik yang dinyanyikan RM juga terdengar tentang kekosongan dan kebosonan.

Jika ini tidak lagi bisa beresonansi dan tak lagi bisa membuat hatiku bergetar, maka ini adalah kematian pertamaku. Atau akhir dari karirnya,

Diakhiri dengan bait ketakutan, bagaimana jika sekarang ini adalah saatnya dia untuk berhenti di dunia per idol-an Kpop.

V

Kita lanjut ke V, liriknya sendiri berbunyi, detak jantung berdenyut lemah ditelingaku, mencoba untuk pergi namun kembali lagi masuk kerahang.

Menurut saya ini maksudnya adalah kejenuhan dia tentang dunia musik, saat dia mencoba untuk melantunkan musik namun lantunan tersebut masuk kembali kerahang. Ini cuma analisa liar saya saja sih hehe.

Jimin

Kembali lagi ke Jimin, di sini semakin jelas bahwa dia merasa tidak ada lagi lagu yang dapat membuatnya merasakan emosi atau feel dari lagu tersebut.

Kemudian dia berkata menangis pada keheningan, saya rasa ini berarti tentang ketakutan dia yang menyedihkan namun hanya bisa dipendam saja.

Baca Artikel Lainnya Yuk!

Semua Member

Dilanjut dengan lirik yang dinyanyikan oleh semua member, Samudera dengan semua cahaya redup dalam keheningan, Kaki pengembaraku sekarang tertahan pada sebuah kebiasaan.

Liriknya sendiri berarti tentang kebebasan para member telah direnggut pada kebiasaan mereka sekarang yang sudah menjadi idol papan atas yang sangat menyibukkan, dan tak bisa lagi mengembara sesuka mereka.

Lalu mereka melantunkan semua suara dan kebisingan telah hilang, saatnya untuk membunuhku, membunuh maksudnya ya pastinya pembunuhan karir mereka.

Sepertinya mereka menyuruh kita untuk membunuh karir mereka secepatnya?

Lanjut liriknya berbunyi, tenggelam perlahan seperti jatuh pingsan, berusaha keras menuju kepermukaan namun ini semua adalah lantai samudera.

Setiap momen menjadi abadi, kemudian mereka menyuruh untuk memfilmkan momen-momen yang telah mereka lalui.

Penggalan terakhir ini menampakkan kesan mereka berjuang dari ketakutannya dan mereka menyuruh kita untuk mengabadikan momen-momen saat mereka masih aktif di dunia kpop, agar pada saat mereka berhenti ingatan kita masih ada dan melekat pada BTS.

J-Hope

Sekarang adalah giliran J-Hope, Dalam Aku tenggelam semakin dalam, aku kerap kehilangan fokus, biarkanlah aku pergi.

Apa maksudnya semua ini? sudah jelas bukan tentang keinginan mereka untuk berhenti dan menyuruh kita untuk mengikhlaskannya saat itu terjadi.

lanjut, Biarkan kakiku sendiri yang membawaku pergi, karena pada kedalaman yang sangat dalam aku melihat diriku.

J-hope melihat dirinya yang sebenarnya(bukan seorang Idol) sebagai manusia biasa didalam relung hatinya yang paling dalam. serta keinginannya untuk kembali menjadi sosok tersebut.

Suga

Kemudian suga kembali bernyanyi dengan bait, Dengan perlahan aku membuka mata, aku berada di kamarku, ini adalah studioku.

Ombaknya semakin suram menerpa tapi aku tak akan pernah terseret arus ombak lagi. didalam diriku aku melihat diriku sendiri,

Mungkin lirik ini berarti tentang banyaknya problema kehidupan yang menyerang diri suga sebagai idol ternama, namun dia tak mau untuk terseret kedalam masalah yang ditakutkannya tersebut, karena dia melihat dirinya yang asli didalam dirinya sebagai idol.

Atau ombak disini mungkin berarti bahwa keinginannya untuk mencapai hal yang jauh lebih tinggi lagi, namun dia tak mau terseret ke arus yang penuh keserakahan akan tahta dan harta tersebut. entahlah yang mana yang benar silahkan kalian koreksi.

V

Lirik yang dilantunkan oleh V agak berbeda dengan lirk pertama yang dia nyanyikan, Detak jantungku berpacu ditelingaku, mata terbuka lebar menuju hutan belantara ku.

Ini seperti dia mencoba mengatasi rasa takut dan kejenuhannya seperti lirik dia bagian pertama, detak jantungnya kembali berpacu dan matanya terbuka kembali untuk menjalani karirnya? ini hanya analisaku saja karena setelah bait ini merupakan giliran Jin yang menampakkan sedikit optimisme dalam lagu ini.

Jin

Tidak ada yang dapan menerkamku, aku berteriak dengan buasnya.

Di sini Jin memberikan semacam pernyataan yang optimis bahwa tidak ada yang dapat untuk membuatnya down.

Ini juga merupakan akhir dari lirik lagu ini karena lirik berikutnya hanya pengulangan lirik di atas, jadi mungkin BTS menyisipkan sedikit optimisme dari semua ketakutan akan kematian karir yang mereka rasakan, didalam hati mereka, ada secercah keinginan untuk menghapus segala ketakutan tersebut, yang bisa kita dengar sendiri pada bait yang dinyanyikan oleh Jin.

Jungkook

Kembali menyanyikan lirik yang dinyanyikan oleh Jimin pada saat pertama kali.

Jadi begitulah analisa saya tentang lagu lirik lagu Black Swan dari BTS (Bangtan Sonyeondan) terlebih dan terkurangnya saya minta maaf karena ini hanya analisa liar saya sebagai penikmat lagu-lagu yang menggaungkan hal yang berhubungan dengan masalah psikologi atau masalah mental.

Jadi jika kalian punya analisa yang berbeda silahkan dikomen ya, jika kalian suka dengan analisa saya jangan lupa di share hehe, bye.

0 0 vote
Article Rating

Share Artikel Ini Yuk!
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Comment here