AnalisakpopMusikOpini

Analisa & Bedah Lirik Lagu Mic Drop BTS, Kata-Kata Untuk Haters

analisa lirik lagu mic drop bts

Halo semuanya, kembali lagi dengan saya Amirul, hari ini saya mau menganalisa dan membedah lirik lagu BTS yang berjudul Mic Drop.

Lagu Mic Drop sendiri pada dasarnya berkisah tentang bagaimana Bts dihujani oleh komen-komen hate, dari para haters.

Biasanya haters BTS mengatakan bahwa BTS tidak punya talenta, tidak punya impact yang besar, tidak punya banyak fans yang loyal.

Nah kata-kata haters mereka inilah yang dibantah oleh BTS lewat Prestasi mereka dan dikemas dalam lagu Mic Drop.

Jadi mari kita analisa lebih mendalam lagi tentang makna dan arti dari Lagu Mic Drop untuk para haters ini.

bts member

J-Hope

Lagu ini di awali oleh rap dari J-hope tentang orang yang suka membandingkan background atau latar belakang keluarga para artis.

Siapa yang bilang sendokku kotor(tidak punya background yang bagus), aku tidak pernah peduli bahkan saat aku mengangkat mic, aku mengalahkan mereka yang punya sendok emas.

Di sini J-hope dapat menghilangkan diskriminasi tentang latar belakang tersebut, karena Bts yang terlahir dengan latar belakang kehidupan yang biasa saja dapat mengalahkan orang yang terlahir pada background yang bagus(keluarga kaya),

Dan aku mengamuk, disana banyak steak yang belum matang, aku menggigitnya berkali-kali pada makan malam para bintang.

Dari lirik di atas, menurut J-Hope di dunia keartisan khususnya KPOP walaupun background mereka bagus namun secara karir dan talenta banyak yang masih belum matang, karena itu BTS dapat mengalahkan saingan-saingan mereka tersebut.

Lanjut lagi J-hope melantunkan, Inti bisnis dunia, nomor 1 favorit untuk dicasting, habis terjual.

Tidak banyak yang berjaya di kelas ini, dan kami sangat menikmati berada di kelas dunia tersebut.

Ini sepertinya mengenai BTS yang sudah masuk kelas dunia, kemudian menjadi nomor 1, yang mana tak semua artis bisa menjejakkan kaki pada kelas ini.

Bau busuk mencemari aroma nan harum,

Sepertinya ini mengenai Kelakuan busuk Haters mencoba mencemari kesuksesan BTS nan harum.

Suga

Cahaya yang terang, melangkah terus maju, kupikir kami akan gagal, namun sorry, aku baik-baik saja. Maaf Billboard, Maaf Dunia.

Maafkan anakmu yang terlalu sukses ini ibu, memenuhi tugas berbakti yang tidak kamu(haters) lakukan.

Seperti biasa Suga selalu melantunkan tentang masalah mental yang dimilikinya seperti pikiran bahwa dia akan gagal, namun pada akhirnya BTS mencapai puncak kesuksesan yang teramat tinggi.

Hingga Suga dapat menjadi kebanggaan orang tuanya yang berbanding terbalik dengan para Haters.

Kemudian Suga mengatakan bahwa tiket konsernya habis terjual sepenuhnya dalam lirik yang dilantunkannya Konser kami tidak pernah menyisakan bangku kosong.

Aku melakukannya, dasar kamu adalah ratatouille yang hambar. 

Suga mengatakan bahwa para haters sama seperti sebuah makanan yang bernama ratatouille, namun rasanya hambar.

Jika kamu merasa iri dan kamu kesakitan silahkan lanjutkan ke pengadilan (gugatan hukum). gugat aku.

Ya intinya Suga bilang daripada ngehate dan melakukan ujaran kebencian di medsos mending langsung saja gugat ke pengadilan.

V

V mencoba memamerkan prestasi mereka yang tak terhitung banyaknya dan memiliki banyak penghargaan. pada lirik yang dilantunkannya Lihatlah tasku, disana terdapat banyak piala dan tasku sangat besar.

Baca Artikel Lainnya Yuk!

Jungkook

Jungkook bertanya tentang prestasi yang tadi dibanggakan V kepada para haters, Bagaimana menurutmu?

Dilanjutkan dengan perkataan jungkook bahwa para haters akan semakin panas melihat prestasi BTS, Aku berani bertaruh para Haters akan sangat kesakitan.

Jimin

Jimin mengajak haters untuk mengikuti mereka mulai dari sekarang, karena Bts sudah sangat membara sehingga mereka ingin mengejar para haters yang dilanjutkan oleh Jin.

Jin

Jin menyuruh para haters untuk berlari karena BTS sudah siap untuk menangkap mereka.

Semua Member

Berani-beraninya Kamu.

Menurut saya bagian yang ini hanya sebatas gertakan saja, karena Bts juga tak mungkin mau melawan para haters secara langsung, karena seperti lirik di atas BTS melawan haters dengan prestasi.

Jungkook

Aku juga mendapatkan piala yang lain, aku bahkan tak dapat menghitungnya karena sudah terlalu banyak. begitulah kata jungkook, menekankan tentang segudang prestasi yang telah BTS peroleh.

Suga

Hati hati dengan langkah kaki dan mulutmu, begitu kata Suga menimpali, untuk para haters.

Jimin

Tolong seseorang hentikan aku sekarang karena aku akan meledak. tentu ini tidak berarti secara harfiah, namun sebagai kiasan saja bahwa jimin berkata BTS akan semakin sukses.

Kemudian Jimin melanjutkan liriknya, terlalu sibuk sehingga badanku tak dapat lagi menahannya, ini menyiratkan tentang kehidupan BTS yang sangat disibukkan oleh konser-konser dan lainnya.

Sehingga mereka kelelahan oleh hal tersebut dan tak ada waktu untuk melayani para haters.

Suga

Hati hati dengan langkah kaki dan mulutmu, Suga mengulangi perkataannya dan dilanjutkan oleh RM yang membahas hal yang sama.

RM

Sayangku jaga mulutmu, kembali pada saat kami masih belajar untuk terbang. RM membawa haters kembali pada saat BTS sedang mengalami masa susah di awal karir mereka, atau pada masa proses mereka merintis kesuksesan.

Lihatlah pada kaca milikmu, dengan baju yang itu-itu saja, kau tahu apa yang aku rasakan, aku merasa bahagia.

Pada bait ini RM seperti mengatakan bahwa, haters harus berkaca kembali pada diri mereka sendiri, karena kehidupan haters yang membosankan dan menjalani rutinitas yang biasa saja, sedangkan Bts merasa bahagia dengan apa yang mereka lakukan.

Lanjut lagi RM dengan liriknya, Berapa lama kita telah terbang terbang?, aku terus bermimpi di atas awan, ya aku ada di gunung, ya aku ada di teluk, setiap hari kami getarkan.

Lirik di atas sepertinya menceritakan segudang pengalaman BTS mengadakan konser diseluruh dunia.

Haters gonna hate, players gonna play, jalani hidupmu, semoga bernutung, begitulah pesan dari RM.

Jin

Tak perlu melihatmu lagi, ini adalah perpisahan yang terakhir, begitulah lirik yang dilantunkan oleh jin bahwa mereka tak mau melihat haters lagi dan ingin berpisah dari haters.

V , Jungkook dan Jimin

V dan jungkook melantunkan hal yang sama, tak perlu katakan apapun, tak perlu meminta maaf, sepertinya mereka menyuruh haters untuk pergi saja menghilang tanpa mengucap sepatah kata, karena mereka sudah memafkan para haters tersebut.

Jimin menambahkan, Lihatlah kamu berakhir seperti itu,  Sangat bersoda, kami seperti cola, ini terdengar seperti akhir dari para haters yang telah di getarkan oleh lagu Mic Drop ini.

Semua member (saya gk tahu siapa yang nyanyi, sepertinya mereka barengan atau vocal line BTS saja, entahlah).

Kornea matamu akan terkejut saat melihat kami, yang sangat stylish. ya ini maknanya mungkin kita semua sudah tahu lah ya.

 

Jadi begitulah guys, Analisa saya tentang lirik lagu BTS Mic Drop ini, ini cuma analisa saya sebagai orang awam ya guys, pastinya banyak yang miss, tapi saya sudah berusaha agar analisanya masuk akal dan tidak ada yang salah. Jadi para army mohon jangan marahkan saya hehe.

Kalau kalian punya analisa yang berbeda silahkan komen ya, dan share artikel ini kalau kalian memang fans BTS sejati, see you guys!

Oh ya, BTW ini lagu Mic Drop versi Remixnya dengan Steve Aoki lho, karena saya lebih suka versi yang ini hehe..

Share Artikel Ini Yuk!

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of

Comment here