KesehatanPengetahuanWOW

Bahaya Marah Terhadap Kesehatan! Stop Marah Jadilah Sabar!

Bahaya Marah Pada Kesehatan

Hi sobat kehidupan, siapa sih yang sering atau suka marah-marah nih? Buat kalian yang sering marah-marah tanpa sebab atau ada sebab, kalian wajib baca artikel dari kami smpai habis. Ternyata marah-marah itu efek nya berdampak buruk dan sangat berbahaya loh bagi kesehatan. Ga percaya? Yuk baca artikel ini guys.

Apa sih marah itu?

Sebelum masuk pada pembahasan, mari kita bahas arti dari marah itu. Well, wait, kalian pasti sudah tahu bukan apa arti marah itu?, jadi saya cuma memberitahukan kepada kalian arti marah menurut ilteratur, ya agar perbendaharaan literasi kalian semakin bertambah ^_^.

Marah adalah perasaan kesal atau kecewa terhadap sesuatu yang menyebabkan emosi dalam diri seseorang meluap baik secara fisik maupun batin. Kemarahan bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti kecewa, kesal, dan sebagainya.

Bahaya marah terhadap kesehatan

Nah, buat sobat kehidupan yang sering marah-marah ternyata berdampak negatif buat kesehatan loh guys. Banyak dari kita yang tidak tau, bahaya dari orang yang suka marah-marah atau keseringan marah-marah. Yuk intip apa saja bahaya yang ditimbulkannya.

1.Sakit kepala yang teramat sangat.

Orang yang suka marah-marah biasanya sering mengalami sakit kepala. Sebab, terlalu sering marah menyebabkan tekanan darah dikepala meningkat, otot-otot yang tegang dan perubahan bahan kimia di otak saat marah bisa memicu sakit kepala. Hal inilah kenapa orang setelah marah-marah langsung merasakan sakit kepala atau migrain.

2.Masalah pada perut atau pencernaan.

Orang yang suka marah-marah ternyata bisa menyebabkan sebuah gangguan pencernaan loh guys. Mengapa? Karena disebabkan sistem tubuh akan berhenti seketika saat marah. Ketika marah, kadar asam lambung menjadi naik dari situlah berbagai masalah pencernaan muncul seperti maag, refluks asam dll.

3.Rasa cemas dan khawatir berlebihan.

Orang yang mudah amrah, biasanya mereka rentan terhadap perasaan cemas dengan hal-hal yang sepele. Rasa cemas atau mudah gelisah adalah efek yang paling umum terjadi saat marah. Meningkatnya kadar kortisol dalam tubuh ketika marah menyababkan kita mudah merasakan kecemasan.

Baca Artikel Lainnya Yuk!

4.Sulit tidur atau Insomnia.

Orang yang sering marah, sering kali mengalami masalah sulit tidur. Saat marah, tingkat produksi hormon dalam tubuh mengalami perubahan dan membuat kita susah tidur.

5.Tekanan darah tinggi.

Nah, penyakit yang satu ini kalian pasti tau kan. Pada umumnya orang yang suka marah-marah pasti mengalami tekanan darah tinggi. Tubuh, perlu menjaga tekanan darah dalam kondisi normal agar tidak memicu masalah kesehatan lainnya. Nah, saat marah tubuh menjadi tegang, sehingga memicu tekanan darah tinggi. Dampak tekanan darah meningkat ini bisa memicu penyakit stroke.

6.Pemicu penyakit jantung.

Marah-marah ternyata bisa menyebabkan penyakit jantung loh guys. Kemarahan bisa menyebabkan debaran jantung semakin cepat. Ketika marah, detak jantung akan terus meningkat dan akhirnya menyebabkan masalah kesehatan jantung.

7.Membuat Kita Stres.

Nah, kalian yang sering marah-marah bisa stres loh. Setelah mengeluarkan amarah, kalian pasti akan mengalami yang namanya stress. Stres ini bisa menyebabkan penyakit yangs erius loh guys. Penyakit yang ditimbulkan stress ini seperti diabetes, depresi hingga penyakit jantung.

Advice

Udah tau kan efek bahaya dari marah? Nah, buat kalian yang suka marah-marah dikurangin lagi ya guys. selain semua agama dan norma-norma dalam masyarakat kita melarang Kemarahan, Marah-marah itu mempercepat tua juga loh guys. Kalian ga mau kan dibilangin tua, makanya jangan keseringan marah hehehe.

Mulailah dari sekarang untuk belajar bersabar dan mengontrol amarah dalam dirimu, dan jangan lupa untuk bagikan artikel ini pada keluarga, teman saudara dan semua orang yang kamu kenal, agar mereka mengerti bahwa marah-marah sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh kita, sampai jumpa diartikel selanjutnya bye! ^_^

0 0 vote
Article Rating

Share Artikel Ini Yuk!
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Comment here