ArtikelGaya HidupKesehatan

Bahaya! Pengaruh Kecanduan Gadget Terhadap Generasi Muda, Merusak Pelajar dan Anak-Anak

Bahaya! Pengaruh Kecanduan Gadget Terhadap Generasi Muda, Merusak Pelajar dan Anak-Anak

Hello Sahabat Kehidupan, Siapa sih anak zaman now yang tidak tahu Gadget, banyak sekalikan dampak positif dalam penggunaan gadget dikehidupan ini? eits.. tapi pastinya ada dampak negatifnya dong dengan penggunaan gadget yang terlalu berlebihan hingga membuat kecanduan?

Apa itu gadget?

Nah sebelum ke-inti mari kita bahas gadgetnya dulu, gadget adalah sebuah perangkat tekhnologi mutakhir yang muncul mengikuti perkembangan zaman, Gadget sendiri bisa berbentuk Smartphone, Smartwatch, Tablet, laptop dll. Semakin maju zaman, semakin maju pula perangkat teknologi khususnya gadget.

Tidak asing lagi zaman sekarang orang-orang di manapun selalu memandang layar gadgetnya, entah apa yang dipandang di dalamnya sehingga matanya tak pernah lepas dari layar gadget, karena dahulunya gadget hanya sekedar untuk berkomunikasi.

Tapi sekarang sudah berkembang keseluruh ranah kehidupan, seperti kesehatan, hiburan, bisnis dll, karena begitu banyaknya konten-konten menarik yang bisa kita dapatkan dalam sebuah perangkat kecil yang biasa dsebut Gadget tersebut, baik itu hal negatif maupun hal positif.

Penggunaan gadget di Indonesia

Di Indonesia hampir 95 persen sudah memiliki gadget dari mulai anak-anak, remaja hingga dewasa. Zaman sekarang ini gadget banyak digemari oleh masyarakat khususnya remaja, bagi remaja gadget adalah suatu kebutuhan yang harus dipenuhi untuk mengetahui perkembangan dunia.

Pada umumnya remaja sering menggunakan gadget untuk membuka aplikasi instagram, WhatsApp, Facebook, Snapchat, Twitter, line, wechat, youtube dan sebagainya. Sebagian lagi membuka aplikasi google sebagai sumber pelajaran yang tak terbatas dan mengetahui apapun yang kita inginkan.

Saat ini semakin berkembangnya zaman sudah banyak aplikasi-aplikasi yang bermunculan  di dalam gadget. Apalagi aplikasi yang lagi viral-viralnya seperti tiktok,like dan sejenisnya membuat pengguna gadget menjadi semakin candu dan tidak lepas dari gadgetnya.

Akhir-akhir ini anak-anak dan remaja sangat menggemari yang namanya Game online seperti PUBG,Mobile Legend, Free Fire dan game-game yang lainnya.

Baca Artikel Lainnya Yuk!

Perpindahan game online dari PC ke Mobile lah yang membuat semuanya jadi sulit terkontrol selain tidak bisa di pause, kita bisa memainkannya dimanpun kita berada, dan mengganggu aktifitas sehari-hari, beda dengan PC yang harus ke warnet dulu atau stay didepan komputer pribadi dulu untuk menikmati gamenya,

Nah kemudahan yang disuguhkan game Mobile (yang bisa dimainkan via gadget) inilah yang membuat remaja serta anak-anak, dan orang dewasapun juga tak lepas dari kecanduan sehingga semua aktivitas fokus tertuju kepada gadget.

Bahaya bermain gadget

Semakin sering bermain gadget akan menimbulkan dampak yang berbahaya dan merusak, seperti inilah dampak yang ditimbulkan:

  1. Yang pertama bermain gadget bisa menyebabkan kesehatan menurun. Kesehatan menurun disebabkan karena bermain game yang terlalu lama sehingga tidak ingat waktu makan, istirahat dan lain-lain.
  2. Dampak yang kedua ialah menyebabkan mata menjadi rusak. Bermain gadget pada malam hari khususnya saat mematikan lampu bisa membuat radiasi yang ada pada HP dapat menyebabkan mata menjadi perih, buta, hingga rusaknya retina mata.
  3. Dampak yang ketiga yaitu menyebabkan penyakit jantung, Jangan diremehkan gadget juga bisa memicu penyakit jantung, karena radiasi yang dihasilkan oleh gadget bisa membahayakan kesehatan jantung sehingga jantung menjadi lemah dan tidak bisa terkontrol dengan baik lagi.
  4. Dampak yang keempat yaitu menjadi ,alas karena terlalu nyaman menelusuri internet, sampai mengganggu aktifitas sehari-hari, seperti sekolah, kuliah bekerja, karena kita terlalu terpaku kecanduan menatap layar HP kita, khususnya Game Online yang tidak bisa di Pause, jadi semua yang bisa kita kerjakan saat itu malah terbengkalai karena menunggu selesainya Match pada game.

Solusi.

Dari dampak-dampak yang ditimbulkan oleh gadget ini, dapat disimpulkan bahwa kecanduan bermain gadget sangat membahayakan kesehatan, serta kesehatan mental. Maka dari itu untuk mengurangi dampak-dampak negatif dari gadget tersebut, kita bisa melakukan beberapa cara yaitu:

  • Mengurangi penggunakan gadget setiap hari, gunakanlah gadget seperlunya, isilah aktivitas yang bermanfaat, jangan bermain game terlalu lama, karena bisa membuat semakin kecanduan. Kita sebagai generasi muda mengikuti perkembangan zaman, boleh-boleh saja, tetapi perhatikan juga apa saja dampak yang ditimbulkannya. Jangan sampai alat teknologi khususnya gadget membunuh kita secara perlahan.
  • Mengganti beberapa jam waktumu yang dahulunya kamu gunakan bermain-main gadget, menjadi kegiatan yang lebih bermanfaat dan tentunya tanpa gadget, seperti olahraga, membantu orang tua, melakukan kegiatan diluar ruangan, memasak dan lain lain.

Selain itu terkhususnya orang tua harus benar-benar memperhatikan anak-anak dalam mengutak-atik gadget karena pada dasarnya di luar negeripun penggunaan gadget hanya untuk anak yang sudah berusia di atas 13 tahun, dan itupun harus dalam pengawasan ketat orang tuanya, nah apalagi anak yang berusia dibawah itu, inilah kesalahan orang tua di masyarakat kita, jadi jangan pernah melepaskan gadget dan menyuruh mereka bermain sendirian karena kita tidak pernah tahu apa yang akan mereka lakukan, dan apa yang akan orang lain lakukan kepada anak kita di dunia maya sehingga pada akhirnya akan merusak jiwa, mental dan raga si anak.

Jadi para orang tua bisa mengenalkan, mainan-mainan tradisional, atau modern yang tidak ada hubungannya dengan gadget, dan lebih mengedepankan pertumbuhan fisik si anak lewat permainan offline dan non digital tersebut. Agar si anak bisa mengurangi perhatiannya terhadap Gadget.

Jadi Silahkan bermain Gadget, tapi tahu batasnya ya guys seperti yang telah kami tulis.

 

0 0 vote
Article Rating

Share Artikel Ini Yuk!
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Comment here