Inspirasi

Bahaya Mediocre, Jangan Jadi Orang Yang Biasa-Biasa Saja, Jadilah Yang Terbaik!

mediocre pesimis orang medioker

So Hallo semuanya, kembali lagi dengan saya Amirul, well hari ini saya ingin berbagi sedikit inspirasi yang menurut saya sangat penting untuk kita semuanya. Kepribadian mediocre / mediocrity atau kepribadian yang membuat kita merasa bahwa kualitas diri kita biasa-biasa saja, dan bisa membuat keterpurukan mental yang akan membawa kita pada ketidaksuksesan.

Apa itu mediocre/mediocrity

Kata mediocre atau mediocrity sendiri dalam Kamus Cambridge berarti suatu hal/individu yang tidak terlalu berkualitas, tidak terlalu bagus atau biasa-biasa saja, atau dalam artikel yang akan kita bahas kali ini kita bisa mengartikannya sebagai seseorang yang menganggap kualitas dirinya biasa-biasa saja dalam melakukan sesuatu atau banyak hal.

Kamu orang yang mediocre menganggap dirimu hanyalah orang biasa, tidak ada keahlian yang bisa dibanggakan pada dirimu, tidak ada hal spesial darimu yang bisa membuatmu survive dalam keadaan zaman dengan kompetisi yang begitu kerasnya sampai-sampai menyerah adalah kata-kata yang akan menghantui kita setiap saat.

Pentingnya untuk berubah dari kebiasaan mediocre

Jadi orang yang biasa-biasa saja pada zaman seperti sekarang ini benar-benar sangat menyakitkan, bagaimana saya bisa tahu, karena saya sendiri merasakannya hehe, orang mediocre susah untuk bisa survive pada keadaan zaman yang sangat dinamis seperti saat sekarang ini.

You know lah, sekarang mungkin kita memiliki pekerjaan yang lumayan stabil atau biasa-biasa saja, namun bisa saja keesokkan harinya pekerjaan kita berakhir, bangkrut atau digantikan oleh robot,  karena orang yang biasa-biasa saja seperti kita ini tidak terlalu diperlukan oleh zaman yang serba cepat dengan teknologi nan silih berganti menuju kemutakhiran tanpa batas.

Jika kita tidak mengubah hal yang biasa-biasa saja dalam hidup ini maka kita akan ketinggalan dan jadi sebuah titik yang tidak akan dinotice oleh kehidupan pada sebuah kerumunan titik-titik lain yang sama mediocrenya dengan diri kita, akhirnya kita akan terlupakan dan perlahan redup ditelan zaman.

mediocre or exellence

Masalah sebenarnya pribadi mediocre dan bedanya dengan orang normal

Pada dasarnya orang yang memiliki kepribadian mediocre adalah individual yang identik dengan kemalasan yang tak kunjung usai, tidak mau belajar dan berusaha lebih keras lagi untuk mencapai kemampuan maksimal dalam dirinya, kemudian berlindung pada hal-hal nyaman yang membuat kita terus terpuruk menjadi orang biasa yang tak punya keunikan yang memadai.

Spesial, unik dan expert dalam bidang tertentu adalah hal yang wajib kita miliki pada zaman ini, karena orang-orang mediocre malas untuk meng-upgrade dirinya dan cenderung akan terus berada pada kondisi stagnan dalam hidupnya, kemudian lambat laun terbenam dalam dunia yang penuh kompetisi ini.

Perlu ditekankan di sini orang normal dan mediocre adalah contoh dari dua kepribadian yang berbeda, orang normal akan terus bergerak kedepan, menatap masa depan sembari terus belajar dan berusaha untuk mencapai impian-impiannya dalam kehidupan, namun si mediocre merasa bahwa dirinya yang biasa-biasa itu sudah cukup sampai disitu saja, masa depan bukanlah hal yang begitu penting pada dirinya.

Takut mengambil resiko dan cenderung berada di zona nyaman, inilah yang bisa kita deskripsikan secara identik pada orang-orang mediocre, merasa takut untuk mencoba hal yang baru dan merasa aman pada hal-biasa yang mereka rasakan pada comfort-zone mereka. simpelnya orang mediocre takut untuk sukses.

orang depressi dan sedih

Ciri-ciri orang mediocre

Menurut seorang psikolog dan penulis yang bernama April Seifert, ada beberapa hal yang tak disadari terbentuk dalam diri seorang mediocre, agar kita lebih mudah memahami apa itu kepribadian mediocre sendiri, saya akan memberikan beberapa contoh ciri orang mediocre yang spontan terbentuk pada diri kita, dan tentunya harus kita rubah dan tinggalkan.

1.Takut di-judge orang

Kalau kamu melakukan hal yang diluar kebiasaanmu, itu membuatmu takut dikomen-komenin oleh orang lain, kamu takut diberikan judge negatif oleh orang lain terhadap dirimu, makanya menurutmu lebih baik kamu stay pada keadaan biasa-biasamu sekarang tapi tidak ada yang mengomentarimu.

2.Takut untuk sendirian saat sudah sukses

Kamu takut kalau nanti disaat kamu bena-benar sukses dan mencapai puncak tertinggi dalam karirmu  teman-temanmu akan berkurang, dan hubunganmu dengan orang sekitarmu tidak akan sehangat sekarang, kemudian kamu akan merasa sendirian karena semua orang tidak ada yang menurutmu bisa memahamimu dengan baik selain dirimu sendiri. Bak kata pepatah lama, saat kita mencapai puncak tertinggi maka kesepian adalah teman kita.

3.Takut membuat orang lain merasa kecewa

Kamu merasa saat kamu sudah sukses dan kaya raya maka akan banyak jiwa yang bergantung pada dirimu, kamu takut bahwa mereka suatu saat nanti akan kecewa padamu, kamu takut mereka tersakiti dan tidak senang akan apa yang telah kamu coba tuk lakukan.

4.Takut pada hal-hal semu yang belum jelas kebenarannya (Impostor Syndrome)

kamu takut saat kamu menjalani hal baru tersebut ternyata kamu tidak berhasil melaluinya, jadi menurutmu daripada harus melakukan itu mending kamu nikmati apa yang ada saja. Padahal semua itu hanyalah pikiran-pikiran burukmu, kamu belum tahu apa yang akan terjadi sebelum dicoba, benar tidak?

5.Kamu membatasi dirimu sendiri

Kamu merasa tidak unik, tidak spesial dan tidak mampu melakukan apa hal yang orang-orang sukses itu jalani, kemudian kamu mencoba membatasi dirimu untuk melakukan hal-hal biasa saja.

6.Takut pada kegagalan.

Nanti kalau aku gagal gimana? bukannya pepatah bilang kalau kita terbang terlalu tinggi nanti pas jatuhnya akan sangat menyakitkan?

Baca Artikel Lainnya Yuk!

7.Takut untuk berubah.

Hal-hal yang biasa kamu lakukan secara reguler adalah hal yang membuatmu berada pada zona nyaman, dan jika kamu mencoba untuk merubah itu semua, maka pikiranmu akan mulai bertanya-tanya apakah kamu telah siap untuk perubahan-perubahan yang akan terjadi bagaimana jika nanti terjadi hal-hal yang tidak siap untuk kamu rasakan.

Inti dari semua yang telah saya jabarkan diatas adalah, ketika segala aspek dalam hidupmu menyuruh serta mensupportmu untuk maju karena mereka mempunyai harapan dan tahu potensi terpendam pada dirimu, namun kamu menafikkan hal itu, malahan ingin tetap untuk berada dalam zona nyamanmu sendiri, karena ketakutan akan hal-hal di atas. jika itu semua benar, sepertinya dirimu adalah ciri-ciri orang mediocre.

Pola pikir mediocre harus segera direnggut dan dirubah dalam kepalamu, karena kamu tidak akan bisa terus berkembang maju jika kamu terlalu terfokus dengan apa pikiran negatif mediocritymu inginkan, kamu bisa bayangkan sendiri bagaimana jika semua orang didunia ini terlarut dalam perasaan mediocre mereka?

Tentu saja semua innovasi yang ada di dunia ini tidak akan pernah tercipta, pesawat terbang, smartphone, internet, infrastruktur dan sebagainya, menurut kalian apakah innovator-innovator dunia tersebut tidak pernah merasa ketakutan mediocre dalam otaknya ketika mencoba untuk melangkah maju kedepan?

Pasti! tentu setiap orang punya rasa mediocre dalam hidupnya tanpa terkecuali karena kita manusia biasa punya rasa takut akan kegagalan, namun apakah kita harus tetap memeluk erat perasaan mediocre yang akan menghambat kita pada perkembangan diri kita yang mungkin nanti hasilnya akan sangat memuaskan dan memberi dampak besar pada diri kita serta masyarakat, siapa yang tahu bukan?

 

foto otang yng

Bagaimana cara melawan & menghilangkan Mediocrity

Mari, jika kalian ingin memberantas mati kepribadian mediocre kalian, mari sama-sama kita pelajari cara untuk menghabisi perasaan mediocrity ini, bagaimana caranya? here you go.

1.Mari jangan takut Bermimpi, dan kita tentukan Goal yang harus kita capai.

Tidak ada obat yang lebih mujarab selain memaksakan dirimu untuk bekerja secara disiplin untuk menggapai mimpi-mimpi yang harus kita prioritaskan, kenali dirimu dan set mimpi serta goalmu, karena tanpa mimpi dan harapan hidup kita akan terus terbelenggu oleh perasaan mediocre.

Ketika kamu telah menemukan mimpi-mimpi itu, sekarang adalah saatnya kamu untuk berjuang dalam keberanian mengatasi segala perasaan negatif mediocrity yang akan semakin kuat menghadangmu, jika kamu berhenti di sini, maka semuanya akan sia-sia, karena itu kamu harus lebih kuat dari perasaan mediore yang akan menghantuimu semakin kamu melangkah menuju arah finis mimpimu.

Jika kamu bisa melewati semua itu, maka kesuksesan akan berada di depan matamu,

2.Berinteraksi dengan seseorang yang bisa memberikan Inspirasi padamu

Jika kita terus-terusan berinteraksi dengan orang-orang yang sama mediocre nya dengan kita maka kita tak akan pernah mempunyai keberanian untuk bergerak maju, makanya mencari orang-orang yang telah sukses kemudian belajar dari mereka adalah salah satu jalan untuk membangkitkan keberanianmu dan menghilangkan rasa malasmu.

Kamu seorang yang introvert, tenang di internet banyak sekali orang-orang yang bisa memberikan inspirasi-inspirasi pada kita semua, jadi kecanggunganmu untuk bersosialisasi bukanlah sebuah masalah, karena internet benar-benar sangat membantu bagi orang yang seperti dirimu.

3.Beranilah untuk mengambil resiko walaupun semua orang di dunia ini mencemooh dirimu.

Jika kita tak pernah mengambil resiko dalam hidup ini, maka pada saat tua nanti kita akan menyesal akan betapa membosankannya hidup kita yang seperti itu-itu saja, jangan pernah jatuh pada rasa pesimis yang terus menghantuimu sebagai mediocre, karena inilah saatnya kamu mengambil resiko untuk mewujudkan mimpimu pada point nomor satu yang telah saya tuliskan di atas.

Tidak apa-apa jika semua orang sedang mencemoohmu, kamu tidak sendiri, banyak orang mediocre yang sedang berjuang untuk keluar dalam situasi ini, seperti diriku sendiri, jangan takut sendirian, di luar sana banyak sekali orang yang sedang merasakan apa yang kamu rasakan.

Konklusi

Jadi apa kesimpulan dan nasehat yang dapat saya sampaikan kepada kita semua termasuk diri saya sendiri adalah, kita harus maju melangkah ke depan, perasaan-perasaan mediocre yang kita miliki harus segera kita lawan dengan perasaan optimis serta kerja keras tak lupa do’a agar kita berhasil melewati semua ini dan berevolusi menjadi pribadi yang lebih baik dengan masa depan yang lebih cerah tentunya.

Mari kita sama-sama keluar dari zona nyaman kita dan memijakkan kaki kita untuk level yang baru pada kehidupan ini, melatih mental kita agar kita dapat keluar dari kegelapan pikiran mediocre, karena sudah pasti orang dengan mental kuat dahulunya terlahir dari mediocre-mediocre yang berjuang untuk membasmi ke mediocrityanya tersebut, sehingga menjadi besar seperti sekarang ini.

Stop Jadi Mediocre, Jadilah Yang Terbaik!!!!

Sumber: Pengalaman hidup menyedihkan saya sendiri. | Referensi: 1,2,3,4,5

Share Artikel Ini Yuk!

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of

Comment here