ArtikelGaya HidupPengetahuan

Buku & Perpustakaan Terancam Punah, Tidak Lagi Berguna & Relevan, Karena Internet, Benarkah?

buku terancam punah tidak berguna

Hi sobat kehidupan, ketemu lagi dengan aku Wanda, di kehidupan sekarang orang-orang sering kali menggunakan internet sebagai pusat informasi tercepat. Begitupun para mahasiswa yang sering mencari informasi dan pengetahuan secara cepat, tidak mau berlama-lama menghabiskan waktu mencari buku di perpustakaan.

Sehingga mahasiswa menjadi malas keperpustakaan untuk mencari pelajaran, karena mahasiswa sudah terpengaruh informasi yang disajikan oleh google.

Diketahui bahwa konten dan pengetahuan yang ada di internet sangat berlimpah, tidak bisa dibandingkan dengan yang ada di perpustakaan. Dapat dikatakan bahwa internet sudah mengambil alih peran perpustakaan sebagai pusat sumber pengetahuan dan informasi.

Peran perpustakaan masih penting

Namun, peran perpustakaan dan buku sebagai bahan diskusi secara tatap muka lebih diungguli oleh perpustakaan dan buku dibandingkan dengan internet.

Terlepas dari masalah tersebut, kita menyadari bahwa kita masih sangat membutuhkan perpustakaan dalam pengawasan informasi yang beredar, karena seperti yang kita ketahui informasi yang ada di internet tidak semuanya benar dan perlu ditinjau kembali ke benerannya.

Rendahnya minat baca masyarakat Indonesia

Ditinjau dari sejumlah penelitian di Indonesia, pengunjung perpustakaan di universitas yang ada di Indonesia sangat minim sekali. Faktanya zaman sekarang 80% mahasiswa mencari pengetahuan melalui internet, dan 20% persennya masih menggunakan perpustakaan sebagai sumber pengetahuan.

Hal ini menjadi gambaran awal bahwa minat mahasiswa mengujungi perpustakaan sangat minim dan digantikan dengan internet yang mulai berperan sebagai pusat informasi dan pengetahuan.

Baca Artikel Lainnya Yuk!

Perpustakaan tergantikan Internet.

Internet yang sekarang berperan penting bagi mahasiswa, membuat mahasiswa semakin malas membaca buku-buku yang ada di perpustakaan. Kecanggihan teknologi sekarang, khususnya internet berada di posisi nomor satu di dunia yang membuat orang-orang tidak lepas dari internet.

Semua orang menggunakan internet sebagai pilihan nomor satu untuk mencari apa yang diinginkan,  sehingga orang-orang jarang sekali membeli buku atau membaca buku karena semuanya sudah ada di dalam internet.

Nasehat dan kelebihan perpustakaan.

Untuk itu, kita sebagai generasi penerus bangsa boleh saja mencari informasi dan pengetahuan melalui internet, tetapi disamping itu kita juga harus mencari referensi lain seperti buku, jurnal di perpustakaan, karena buku-buku yang disajikan di perpustakaan itu sudah pasti kebenarannya dan sumber-sumber dalam buku tersebut sudah ada keabsahannya dari pusat penerbitan.

Jika dibandingkan dengan internet kita belum tau pasti siapa yang menulist informasi tersebut, bisa saja orang-orang biasa yang belum mendalami teori-teori atau bisa saja orang-orang yang lagi iseng-iseng menulis.

Jadi menjawab judul artikel, apakah buku dan perpustakaan masih relevan dan berguna di jaman sekarang ini yang apa-apa sudah langsung berhubungan dengan internet, dan jawabanya ya tentu saja masih, mungkin tidak terlalu sepenting pada beberapa dekade yang lalu.

Namun kita masih perlu untuk membaca buku yang sumbernya sudah 100% terpercaya dan dapat dipertanggung jawabkan seperti yang saya ulas di atas, karena di internet selain banyak artikel berkualitas namun itu juga berbanding lurus dengan bertebarannya artikel Hoax atau artikel yang tidak dapat dipertanggungjawabkan.

Nah jadi akhir kata jangan pernah terperangkap Artikel-Artikel Hoax di internet ya, kalian harus selalu crosscheck fakta-fakta yang ada, dengan memperbanyak referensi bacaan-bacaan kita di internet, dari berbagai macam situs yang ada, tentunya yang pasti bisa dipertanggung jawabkan ya di mana lagi kalau bukan di Tentang Kehidupan. ^_^

Share Artikel Ini Yuk!

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of

Comment here