KesehatanMengerikan

Hantavirus! Virus Mematikan Yang Mengguncang Dunia Di Tengah Wabah Corona

hanta virus mematikan ditengah corona

Dunia kembali dihebohkan dengan munculnya Hantavirus di China. Kehebohan ini terjadi setelah seorang penumpang bus di China meninggal tapi bukan karena virus Corona Covid-19.  Penumpang bus yang  berasal dari provinsi Yunna.  Dia sedang dalam perjalanan kerja menuju Shandong.

Kemunculam Hantavirus langsung trending di media sosial. Banyak orang menggunakan tagar #hantavirus jadi heboh karena dunia belum selesai dengan virus corona yang menakutkan.  Meski begitu,  ahli menyebutkan kalau Hantavirus bukan virus baru, ini tak akan menular seperti virus corona.

Apa sebenarnya hantavirus?

Pusat pengendalian dan pencegahan penyakit (CDC)  menyatakan hantavirus merupakan keluarga virus yang disebarkan oleh tikus dan dapat menyebabkan beragam penyakit pada manusia di seluruh dunia.   Sebagaimana namanya,  virus ini dapat menyebabkan gagal pernapasan  (HPS). Selain itu,  hantavirus jiga menyerang ginjal.  Ketika pembuluh darah pecah akibat serangan virus ini,  terjadi gagal ginjal . Organ ini tidak dapat bekerja sebagaimana seharusnya.

Hantavirus pertama kali muncul pada tahun 1950 di perang antara Korea dan Amerika Serikat (Sungai Hantan).  Ini disebabkan oleh tikus dan menyebar kalau manusia menelan cairan mereka,  kata seorang ilmuan asal Swedia,  Dr Sumaiya Shaikh. Dia juga menegaskan agar warga dunia tidak panik. Soalnya virus ini tidak menyebar lewat manusia. “Jangan panik,  kecuali anda berencana untuk memakan tikus, ujarnya”. Sementara Badan Pengontrol Penyakit Amerika Serikat (CDC)  menyebutkan vurus hanta sangat jarang.  Tapi rata-rata kematiannya mencapai 38 persen.

Baca Artikel Lainnya Yuk!

Apa bedanya dengan virus corona?

Tidak seperti coronavirus,  penyakit ini tidak menular dari satu orang ke orang lain. Infeksi terjadi setelah seseorang menyentuh mata, hidung, atau mulut mereka setelah menyentuh kotoran tikus,  urine atau saliva. Oleh karena itu, manusia yang terkena Hantavirus biasanya bersentuhan dengan tikus yang membawa virus tersebut.  Ada kemungkinan infeksi terjadi karwna gigitan,  tapi kecil.

Masa inkubasi Hantavirus ini berkisar 2-8 minggu.  China Global Times informasikan ada seorang pria tewas bukan karena virus corona tetapi karena Hantavirus.  Akibatnya 32 orang lainnya dalam bus tersebut di tes untuk mengetahui apakah terjadi penularan penyakit atau tidak.  Meski ada kasus orang yang terinfeksi meninggal dunia namun,  seluruh dunia sudah siap menghadapinya karena telah ada vaksin melawan hantavirus.

Menurut pusat pengendalian penyakit,  virus yang satu ini lebih mematikan dari virus corona Covid-19. Orang yang terinfeksi akan mati dalam hitungan jam saja. Kemunculan Hantavirus ini membuat panik karena bersamaan dengan  mewabahnya virus corona Covid-19 yang telah menginfeksi sebanyak 400 ribu orang lebih dan telah membunuh puluhan ribu orang di seluruh penjuru dunia.

Share Artikel Ini Yuk!

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of

Comment here