Opini

Mari mengeluh di sini! Merekap kembali Permasalahan dan Keresahan Warga yang ditimbulkan Covid-19

Adanya wabah Covid-19 ini tentu sangat memberikan efek bagi masyarakat. Wabah ini semakin menyebar dan jumlah yang positif terinfeksi di Indonesia kian hari kian bertambah.

Tentu hal ini menimbulkan kecemasan bagi masyarakat Indonesia. Berbagai aktivitas masyarakat tentu terhambat, karena dianjurkan untuk karantina atau stay at home demi pencegahan penyebaran virus Corona ini.

Setiap warga dianjurkan untuk berdiam diri di rumah dan melakukan berbagai aktivitas secara daring. Tak bisa dipungkiri,tentu hal ini menimbulkan kecemasan dan keresahan bagi sejumlah warga.

Hal ini menimbulkan berbagai Keresahan bagi sejumlah warga yang biasanya melakukan berbagai aktivitas di lapangan, terutama bagi para petani, buruh dan supir kendaraan umum.

Tentu jika disuruh untukberdiam dirumah membuat mereka berargumen yang berbeda dengan kebijakan yang dibuat. Kegiatan mereka tentu tidak bisa dilakukan secara daring.

Akan tetapi, kebijakan yang diberikan pemerintah juga tidak menutup dan menyuruh untuk berhenti total melakukan sejumlah aktivitas di luar rumah.

Kebijakanyang diberikan adalah anjuran untuk berdiam diri, keluar rumah jika memang itu penting atau seperlunya saja.

Namun, kebijakan itu tentu saja membuat mereka resah, khususnya supir transportasi umum, seperti becak dan angkot. Jika orang banyak berdiam diri di rumah, maka pendapatan mereka akan menurun

drastis bahkan takkan mendapatkan pendapatan untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarga mereka. Masyarakat yang bekerja di pasar juga, seperti penjual pakaian juga mengalami hal yang sama. Mereka juga

mengalami penurunan yang drastis, disebabkan berkurangnya jumlah pembeli dan sepinya kegiatan jual beli di pasar. Akan tetapi, kebutuhan akan pangan tentu mengalami kenaikan. Hal ini disebabkan masyarakat

banyak yang membeli dan melakukan stok untuk kebutuhan untuk mengurangi kegiatan di luar rumah. Akan tetapi, banyak juga masyarakat yang mengeluh karena kekurangan biaya untuk memenuhi

Baca Artikel Lainnya Yuk!

kebutuhannya. Berbagai kegiatan menggalang dana dan sumbangan berupa sembako juga terus diupayakan oleh pemerintahan setempat. Hal ini tentu bisa meringankan keresahan yang dirasakan oleh warga.

Berdiam diri di rumah juga menimbulkan masyarakat menjadi mudah kelaparan. Banyak masyarakat juga mengatakan keluhannya mengenai kebutuhan yang harus ditanggung semakin bertambah karena semua anak berkumpul di rumah.

Anak-anak juga dianjurkan untuk belajar di rumah oleh pihak pemerintah demi pencegahan penyebaran wabah Covid-19 ini. Hal ini juga menyebabkan sebuah keluarga membutuhkan persediaan makanan yang cukup bagi anak-anaknya agar tetap berdiam diri di rumah dan melaksanakanaktivitas belajar dengan semestinya.

Keresahan warga juga menyangkut masalah kegiatan yang biasanya banyak dilakukandi luar rumah, kini harus banyak berdiam diri di rumah. Misalnya saja, kegiatan bersosialisasi dengan masyarakat lainnya tentu menjadi terhambat akibat adanya wabah yang kian memuncak pada saat ini.

Selain itu, para warga juga merasa resah karena adanya kegiatan sosial yang harus dihentikan sementara waktu. Misalnya seperti pengajian yang biasanya dilakukan pada Jumat atau dimanakan pengajian wirid mingguan. Kegiatan ini juga dihentikan sementara waktu, demi pencegahan penyebaran virus Corona.

Akibat adanya wabah ini, pendapatan warga tentu sangat menurun. Namun, pengeluaran semakin meningkat. Hal ini disebabkan kebutuhan karena semua anggota keluarga lebih banyak melakukan aktivitas didalam rumah.

Di mana biasanya kegiatan banyak dilakukan di luar rumah, sedangkan pada saat ini dianjurkan untuk lebih banyak dilakukan di dalam rumah. Pemberitaan di berbagai media sosial juga sempat meresahkan warga karena takut akan pandemi ini.

Akan tetapi melalui pencerahan serta penjelasan lebih lanjut mengenai e ini cukup membantu masyarakat untuk lebih memahami dan bisa menjaga diri untuk selalu berhati-hati agar tidak terinfeksi virus ini.

Para warga yang resah akan kebutuhan pokok juga merasa sedikit lega dengan adanya kabar bahwa akan adanya dana bantuan desa yangmerupakan kebijakan dari pemerintah pusat demikeamanan dan kenyamanan hidup warga.

Kabar ini tentu menghilangkan keresahan para warga yang banyak berdiam diri di rumah dan susah melakukan banyak aktivitas di luar rumah demi keselamatan diri dan keluarganya.

Selain itu, bantuan berupa sembako juga diberikan oleh pemerintah demi mencukupi kebutuhan pokok para warga agar tetap bisa menjaga kesehatannya walaupun banyak berdiam diri di rumah dan tidak aktif dalam melakukan pekerjaannya sebagaimana biasanya.

0 0 vote
Article Rating

Share Artikel Ini Yuk!
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Comment here