ArtikelKesehatanPsikologi

Penyakit Depresi, Pengertian, Penyebab & Cara Menghilangkan

Penyakit Depresi, Pengertian, Penyebab & Cara Menghilangkan

Hello Sahabat Kehidupan, hari ini saya ingin membahas tentang depresi, apa itu depresi? apakah Aku atau Kamu sedang depresi? mari kita bahas.

Apa itu depresi?

Depresi adalah gangguan mental yang berupa perasaan negatif, seperti kesedihan dan kemurungan yang dapat berdampak pada aspek-aspek kehidupan kita sehari-hari seperti tindakan, perasaan dan tentunya pada pikiran kita yang menyebabkan kesehatan mental itu terganggu.

Parahnya depresi bisa jadi sangat berbahaya sehingga bisa berkembang menjadi Gangguan depresi mayor juga distimia.

Penyebab Depresi

Depresi dapat disebabkan oleh penyakit serta efek samping obat-obatan yang dikonsumsi oleh penderita, jadi depresi bukan hanya datang dari beban pikiran dan kehidupan saja, tetapi apa yang kita konsumsi juga menjadi faktor penting penyebab depresi.

Baca Artikel Lainnya Yuk!

Perasaan sedih, takut, cemas, was-was, frustasi, dan merasa kosong sudah biasa dirasakan oleh banyak orang, umumnya depresi datang ketika kamu merasa down, terjebak dalam sebuah kondisi yang tidak ada satupun harapan didalamnya, saat semua orang menolakmu dan mencibirmu, sehingga kamu merasa sudah tidak berharga lagi, dan mungkin kamu menjadi marah, emosi, mudah tersinggung, dan terus menanggung beban perasaan bersalah seumur hidupmu, pada akhirnya membuatmu malu dan terus menerus merasa gelisah pada kehidupan ini.

Pada titik ini kamu yang menderita depresi akan kehilangan minat untuk segala aktivitas-aktivitas yang sebelumnya kamu sangat bersemangat menjalaninya, dan ini semua akan sangat mengganggu kehidupanmu, mengganggu diet dan waktu tidurmu, pekerjaan serta hubunganmu dengan orang lain, jika saat ini kamu merasakan semua itu, berarti kamu memang sudah positif mengidap gejala depresi.

Apa sih gejala depresi yang paling sering muncul?

  1. Kamu menjadi lelah, letih dan lesu, kamu seperti orang yang tidak ada stamina sepanjang hari.
  2. Kamu merasakan sedih, murung, berduka, tanpa habis dan berkepanjangan.
  3. Diet atau pola makanmu jadi berantakan, bisa jadi kamu makan berlebihan atau malah sebaliknya malas makan.
  4. Hari-harimu penuh dengan rasa stress, kamu mudah emosi, marah jika sedikit tersinggung, dan terus merasa frustasi.
  5. Kamu tidak merasakan hasrat seksual sedikitpun.
  6. Kamu menderita Insomnia, untuk tidur susah sekali bagimu, atau bisa sebaliknya kamu ingin terus-terusan di kamar dan menikmati kehidupan di alam mimpimu sembari tertidur.
  7. Semuanya terasa kosong, tidak ada tujuan dan cita-cita hidup, dan tidak memiliki planning serta harapan pada masa depanmu.

Apa sih penyebab depresi yang sering kita tak sengaja lakukan?

  1. Merasa tak berharga dan lemah, kamu merasa tidak ada satu hal pun yang bisa memuaskan keinginanmu, bahkan kamu tidak pernah ingin untuk memperbaiki dirumu walaupun kamu melihat kesempatan untuk berubah, apalagi hanya sekedar nasehat dan masukkan orang lain tak ada artinya bagimu, karena bagimu hidupmu sudah tak berharga lagi, kamu menjadi pesimis dan tak merasa bahagia sedikitpun.
  2. Kamu merasa stress & tertekan karena berbagai tanggung jawab pada problematika hidup ini.
  3. Karena ketidak adaanya rasa kepercayaan diri, dan selalu menanggung semuanya sendiri, selalu menganggap segalanya adalah kesalahanmu, tak ada sedikitpun rasa optimis yang ada dihatimu bahkan masalah kecilpun selalu kamu anggap seperti masalah terbesar didunia dan kamu kesulitan untuk menyelasaikannya karena tak ada kepercayaan diri padamu.
  4. Lebih memperhatikan hal-hal negatif seperti kesalahan dan kegagalan, kita tahu semua orang memiliki kesalahan, namun jika kamu terlalu memperhatikan dan fokus pada kesalahanmu, akan membuatmu jatuh kedalam jurang depresi.
  5. Selalu berfikir negatif dan tak pernah berfikir positif. Selalu berfikir negatif adalah penyebab utama kamu bisa terserang depresi, kamu bahkan tak pernah mensyukuri apa yang telah kamu dapati selama ini, kamu tak peduli dengan kesuksesan yang telah dan akan kamu raih, kamu malah memfokuskan dirimu pada kegagalan atau kesalahan-kesalahan kecil yang sedang kamu lalui, jika hidup memberimu kesempatan, yang kamu lihat tak pernah lepas dari keburukannya saja, kamu jarang melihat hal positif pada kesempatan maupun masalah yang tengah kamu lalui.

Jadi bagaimana sih solusi untuk mengatasi serta menghilangkan depresi?

Simpelnya, kita sebenarnya dapat menghilangkan depresi dengan bantuan seorang psikiater profesional, karena nasihat dan motivasi yang diberikan spesialis depresi akan meringankan beban yang tengah kamu hadapi, memberikan sugesti positif yang tujuannya adalah mengobati pikiranmu, dan menanamkan hal-hal positif pada cara pola pikirmu.

Tapi jika kamu mencoba untuk mengatasinya dengan mengandalkan kemampuan dari dirimu sendiri kamu bisa baca tips yang ada dibawah ini.

  1. Kamu harus mengetahui siapa sebenarnya dirimu, apa kelebihan dan kekuranganmu, kamu harus dengan lapang dada menerima semua kelemahan dan kekuranganmu, kamu tidak boleh terlalu memasksakan diri dalam, menolak fakta bahwa sebenarnya itulah kekuranganmu, terimalah apa yang terjadi dan berusaha untuk meningkatkan kelebihanmu untuk menutupi semua kelemahan dan kekuranganmu tersebut.
  2. Kontrol dan pahami semua pikiran serta perasaan buruk yang sedang mengganggumu. Kamu harus mampu mengendalikan semua perasaan negatif tersebut dan berusaha sedikir demi sedikit menghilangkannya, jangan sampai kami jatuh dan terjebak dalam siklus negatif tersebut sehingga terus terperangkap didalamnya, jika kamu sudah mengenali pikiran-pikiran negatif tersebut kamu dapat dengan muda mencari cara untu melawan dan meredakannya satu-persatu.
  3. Berolahraga secara teratur. Hormon kebahagiaan yang dikeluarkan saat olahraga sangat membantumu dalam menentramkan suasana hatimu, meningkatkan rasa percaya diri dan membuatmu terlindungi dari perasaan stress yang mengganggu, minimal kamu harus berolahraga 2 kali seminggu.
  4. Dan yang paling penting adalah mendekatkan diri kepada tuhan, karena disaat kita benar-benar terpuruk dan semua masalah terasa tidak ada solusi lagi, sehingga tak satupun manusia yang mampu menolongmu bahkan mereka malah berbalik mencibirmu, maka hanya kepada Tuhan yang maha esa lah kamu kembali.

Share Artikel Ini Yuk!

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of

Comment here