InspirasisaranTips & Trik

Tips Menjadi Sabar & Ikhlas Dalam Menghadapi Cobaan

wanita yang sabar ikhlas dan bersyukur

Sabar dan ikhlas memang mudah untuk diucapkan, namun dalam implementasinya dalam kehidupan tentu bukanlah sebuah hal yang mudah untuk dilakukan. Walaupun sesulit itu ternyata menjadi sabar dan ikhlas masih bisa diusahakan dengan cara melatih dirimu secara konsisten dan terus menerus agar kamu dapat menjadi orang yang tenang dan sejuk.

Tentu saja menjadi orang yang sabar mempunyai banyak keuntungan yang dapat kita rasakan pada kehidupan, kamu akan menjadi orang yang lebih tenang, tidak mudah terbakar oleh amarah, dan tidak banyak pikiran-pikiran negatif yang membuat kita mudah stress.

Selain dampak positif pada psikismu, ternyata sabar ikhlas dan bersyukur juga dapat membuat kesehatanmu jadi lebih baik dan meningkatkan imunitas tubuh karena hormon endorphins yang dikeluarkan oleh tubuh saat kita ikhlas dan bersyukur.

Langsung saja kita simak tips agar kita lebih sabar, bersyukur dan ikhlas dalam menghadapi segala cobaan dalam hidup.

1.Percayalah setiap ada cobaan terdapat berkah yang sangat indah menantimu.

Tidak ada seorangpun yang tidak pernah merasakan cobaan kehidupan dengan masalah yang memberatkan hati.

Namun kalian harus yakin dan percaya badai pasti berlalu.

Setelah masalah berat tersebut kalian hadapi dengan kesabaran dan keikhlasan maka berkah dan kebahagiaan akan kamu rasakan setelahnya.

Jangan pernah melarikan diri dari masalah menggunakan cara-cara instant (seperti bunuh diri) akan melahirkan masalah baru yang jauh lebih berat.

Hadapi saja semuanya dengan senyuman, rasa sabar dan keikhlasan yang akan membawamu pada kebahagiaan diakhir cobaan tersebut.

2.Jangan pernah biarkan dirimu terbakar emosi

Ketika kamu membiarkan emosimu menguasai dirimu saat menghadapi sebuah masalah, maka itu berarti adalah sebuah kekalahan yang telak dalam usahamu untuk menghadapi masalah.

Semuanya akan menjadi tambah buruk ketika emosimu meledak-ledak, solusipun akan semakin jauh untuk kamu raih.

Makanya kamu harus tetap tenang dan santai dalam menghadapi masalah, jauhkan segala emosi dan amarah dalam pertarunganmu menyelesaikan masalah.

Baca Artikel Lainnya Yuk!

Karena selain membuat situasi menjadi tamabah parah, emosi dan amarah akan membuat kesehatanmu memburuk, penyakit darah tinggi dan jantung akan menghantuimu.

3.Belajar untuk memaafkan.

Ini mungkin sangat berat untuk dilakukan apalagi oranf tersebut melakukan kesalahan besar yang tak pantas untuk dimaafkan.

Namun bagaimanapun sulitnya kalian harus segera untuk memaafkan orang tersebut, tidak apa apa untuk tidak menjadi dekat dengan orang tersebut setelah kalian maafkan.

Tidak masalah untuk memberikan jarak agar kalian tidak mengingat kesalahan orang tersebut, yang penting jangan menyimpan dendam, ikhlaskan dan maafkanlah orang yang telah menyakitimu.

Hanya dengan itu hatimu bisa nyaman dan pikiran negatifpun akan hilang dari otakmu terhadap orang tersebut.

4.Belajar dari orang yang menurutmu sabar.

Terkadang belajar dari orang lain yang kita anggap sabar dan tenang dalam menghadapi masalah, dapat memberikan impact positif pada kita.

Kita dapat melihat bagaimana mereka tetap sabar dalam menghadapi masalah dengan cara positif, yang membaut kita secara tidak langsung terbawa melakukan prilaku positif yang orang itu lakukan.

5.Selalu bersyukur dan ikhlas serta dekatkan dirimu pada Tuhan

Ini adalah tips yang paling penting untuk kamu implementasikan dalam kehidupanmu, bersyukur dan ikhlas akan membuatmu melihat masalah dalam perspektif yang berbeda.

Karena mungkin menurut perspektif kita, kitalah orang yang paling menyedihkan disaat masalah menimpa, namun coba bersyukut dan lihat lewat perspektif yang lain, masih banyak orang yang lebih menyedihkan nasibnya daripada kita.

Bersyukurlah untuk hal-hal kecil, dan ikhlaskanlah masalah berat yang membuatmu kehilangan sesuatu, karena suatu saat pasti yang hilang akan kembali padamu juga dengan bentuk yang lain, jika kamu ikhlas.

Setelah semuanya, sekarang adalah saatnya kamu mendekatkan dirimu pada Tuhan.

Agar dirimu merasa lebih tentram sehingga perlahan-lahan kamu menjadi pribadi yang lebih sabaran, selalu bersyukur, ikhlas, tenang dengan hati yang tentram.

0 0 vote
Article Rating

Share Artikel Ini Yuk!
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Comment here